WIRAUSAHA BUKAN UNTUK JIWA PENGECUT

WIRAUSAHA BUKAN UNTUK JIWA PENGECUT

Baru-baru ini, ramai digalakkan program wirausaha untuk menunjang kesejahteraan ekonomi rakyat. Acara-acara seminar banyak mengangkat tema wirausaha bahkan dalam kurikulum Perguruan Tinggipun diprogramkan matakuliah kewirausahaan. Hal ini membuktikan bahwa ada kesadaran tersendiri dari berbagai kalangan bahwa program wirausaha itu sangat penting dan mampu mendatangkan keuntungan yang sebesar-besarnya sesuai usaha dan taktik personalnya.

Keuntungan yang didapatkan jika kita menjadi wirausahawan adalah mencakup 3 aspek yaitu Finansial Freedom, Time Freedom, Social Freedom. Kita akan mendapat keb
Pebisnis harus mempunyai kepribadian yang loyal dalam bermasyarakat. Jika tidak suka berteman, maka jangan berbisnis. Ingat pula bahwa kita jangan sesebasan apa saja baik itu kebebasan mendapatkan materi sebanyak-banyaknya, kebebasan waktu yang tidak terikat dan bisa bekerja kapan saja serta jejaring sosial (networking) yang luas. Namun ada hal yang tidak disadari oleh pebisnis yang pemula. Rata-rata mereka menganggap modal adalah kendala utama untuk berbisnis. Ingat, uang bukan segalanya tapi networking yang paling berguna. Dalam dunia bisnis, model itu yang utama baru setelah itu modal.

 

awan. Negara menargetkan untuk menaikkan prosentase wirausaha yang tadinya 0,2%  meningkat setidaknya menjadi 2 % karena jika kita mengaca pada China, jelas kita kalah jauh karena China sudah mampu mencapai prosentase wirausaha 11%.

ekali menolak peluang. Jangan merasa hebat sendiri, banyaklah berkomunikasi. 2 Modal prinsip pokok dalam berbisnis adalah mempunyai Nyali dan Visi. Dari sini akan terlihat kesungguhan kita dalam berbisnis. “Man Jadda Wajada” .

Perlu diketahui bahwa masalah yang terjadi di permukaan masyarakat adalah masalah ekonomi sedangkan masalah yang terjadi di dalam adalah masalah aqidah. Maka dari itu gerakan Islam seiring gerakan ekonomi. Dalam sebuah peradaban tidak ada negara mandiri tanpa wirausah

Untuk bisa menjadi Wirausaha yang Profesional, maka kita harus mengetahui cirri-ciri Wirausaha itu sendiri. Berikut adalah ciri-ciri Wirausaha:

  1. Wirausaha Andal atau Pengusaha yang baik

Wirausaha andal atau pengusaha yang baik memiliki ciri-ciri :

  1. Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri untuk mencari penghasilan dan keuntungan melalui perusahaannya.
  2. Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan dan melakukan apa saja yang bermanfaat
  3. Mau dan mampu bekerja keras dan tekun dalam menghasilkan barang dan jasa serta mencoba cara kerja yang efisien.
  4. Mau dan mampu berkomunikasi, tawar menawar dan musyawarah dengan berbagai pihak demi kemajuan usahanya.
  5. Menangani usahanya dengan terencana,  jujur, hemat dan disiplin
  6. Mencintai keinginan usahanya serta lugas dan tangguh tetapi cukup luwes dalam melindunginya.
  7. Berusaha mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak.

 

  1. Wirausaha Unggul

Wirausaha Unggul memiliiki ciri-ciri :

  1. Berani me
  2. sa dan negara.
  3. ngambil resiko serta mampu memperhitungkan dan berusaha menghindarinya
  4. Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk langganan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangAntisipatif terhadap perubahan dan akomodatif terhadap lingkungan
  5. Kreatif me
  6. ncari dan menciptakan peluang pasar, meningkatkan produktifitas dan efisiensi
  7. Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan mitra perusahaan melalui investasi baru di berbagai bidang.

 

  1. Wirausaha Tangguh

Wirausaha tangguh memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Befikir dan bertindak strategis dan adaptif terhadap perubahan dalam berusaha mencari peluang keuntungan termasuk yang mengandung resiko yang agak besar dalam mengatasi berbagai masalah.
  2. Selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan langganan.
  3. Berusaha me
    ngenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan serta meningkatkan kemampuan dengan sistem pengendalian intern
  4. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerjasama serta penumpukan permodalan.
happy wheels 2

Latest Tweets

  • It seems like you forget type any of your Twitter OAuth Data.